Senin, 09 Januari 2012

sosialisme

pengerian sosialisme secara umum yaitu Sosialisme ialah paham yang menghendaki suatu masyarakat dibentuk secara kolektif (oleh kita, untuk kita). Titik berat dari paham ini ada pada masyarakat, bukan individu. Dan dalam hal ini sosialisme merupakan lawan dari liberalisme. Pada awalnya sosialisme muncul sebagai reaksi atas liberalisme abad ke-19. Pendukung liberalisme adalah kelas menengah (middle class), yang oleh Karl Marx disebut kaum“borjuis”. Kelas menengah ini adalah memiliki industri, perdagangan dan memiliki pengaruh dalam masyarakat dan pemerintah. Ketertindasan kaum buruh oleh para pemilik modal (kapital) menimbulkan reaksi golongan kelas menengah, yang sampai sekarang dikenal dengan istilah gerakan sosialisme.Tujuannya menghilangkan pertentangan antar kelas, kelas buruh dan pemodal. Oleh Marx, sosialisme dikembangkan menjadi komunisme.



sedangkan secara  Etimologi
Sosialisme (sosialism) secara etimologi berasal dari bahasa Perancis yang berarti kemasyarakatan. Istilah sosialisme pertama kali muncul di Perancis sekitar tahun 1830. Umumnya sebutan itu dikenakan bagi aliran yang masing-masing akan mewujudkan masyarakat yang berdasarkan hak milik bersama terhadap alat-alat produksi, dengan maksud agar produksi tidak lagi diselenggarakan oleh orang-orang atau lembaga perorangan atau swasta yang hanya memperoleh laba tetapi semata-mata untuk melayani kebutuhan masyarakat. Dalam arti tersebut ada empat macam aliran yang dinamakan sosialisme. Yaitu, sosial demokratkomunismeanarkhisme, dansinkalisme (Ali Mudhofir, 1988).



Tokoh sosialisme
Karl Marx
Lahir tanggal 5 Mei tahun 1818, Karl Marx, filsuf Jerman pendiri aliran Marxisme, terlahir ke dunia. Marx menuntut ilmu di Universitas Berlin dengan mendalami bidang sejarah dan filsafat. Ketika kuliah itulah ia berkenalan dengan kelompok anti agama dan anti otokrasi pendukung pandangan filsuf Jerman, Hegel. Setelah meraih gelar doktor, ia diundang oleh kelompok politik oposisi beraliran Hegel untuk menjadi penulis utama di koran mereka. Marx kemudian menulis artikel-artikel yang menentang pemerintah dan mendapat sambutan luas dari masyarakat. Pada tahun 1843, Marx menikahi Jenny von Westphalen dan kemudian mereka pindah ke Paris. Di Paris, Marx mempelajari ekonomi politik dan sejarah revolusi Perancis. Di Perancislah Marx memulai kritiknya terhadap agama dan membangun konsep komunismenya. Pada tahun 1844, Friedrich Engels datang ke Paris dan bertemu dengan Marx untuk pertama kalinya. Mereka berdua lalu bekerjasama dalam membangun pemikiran-pemikiran revolusioner dan komunis. Karya-karya bersama mereka di antaranya berjudul “The Holy Family”, “The German Ideology,” dan “The Communist Manifesto”. Dalam manifesto komunis Marx mendefinisikan berbagai mazhab yang mengaku “sosialis” dengan menunjuk ke golongan social yang mereka wakili, yaitu “sosialisme feodal”, “sosialisme borjuis kecil,dsb.
Frederich Engels
Lahir 24 Maret 1820, Frederich Engles, seorang filsuf Jerman dan sahabat dekat Karl Marx, terlahir ke dunia Engles adalah seorang pengusaha kaya, namun memiliki kecenderungan untuk berpikir sosialis. Pertemuan Engles dengan Karl Marx melahirkan diskusi-diskusi dan pemikiran sosialis yang radikal. Mereka berdua kemudian menyusun Manifesto Komunis pada tahun 1848 yang berisi penentangan terhadap sistem pemerintahan borjuis. Dalam manifesto komunis ia menyatakan: “Sosialisme modern isinya yang utama adalah pengertian, dari satu sisi, mengenai pertentangan kelas antara pemilik dengan non-pemilik modal, antara kaum kapitalis dan kaum buruh; dan dari sisi lain adalah pengertian tentang keadaan anarkis yang marajalela dibidang produksi.” Engles meninggal dunia tahun 1895.
Lenin
Vladimir Ilyich Ulyanov (yang kelak mengambil nama samaran “Nikolai Lenin”) lahir pada tahun 1870. Ayahnya seorang inspektur sekolah-sekolah di daerah Volga. Kakaknya Aleksander turut aktif dalam gerakan populis radikal, dan dihukum mati pada tahun 1887 karena berkomplot untuk membunuh Tsar. Beberapa bulan kemudian Vladimir Ilyich ikut berdemonstrasi di kampus dan dikeluarkan dari universitas. Mula-mula dia terpengaruh oleh populisme, namun setelah mempelajari “Das Kapital” dia semakin cenderung ke arah Marxis. Lalu Lenin berhasil menciptakan revolusi oktober 1917. Menurut Lenin “di Rusia teori social-demokrasi [artinya disini:sosialis] timbul secara independent dari perkembangan pikiran golongan intelektual revolusioner.”. Teori dan praktek Lenin sering digambarkan sebagai prinsip-prinsip agung yang tidak boleh dibantah: sentralisme demokratik sebagai prinsip organisasi, partai pelopor sebagai pimpinan revolusi, teori tentang imperialisme sebagai kebenaran yang mutlak, strategi revosulioner untuk menghapuskan aparatus negara borjuisdan menggantinya dengan dewan buruh. Ataupun sebagai gagasan yang jahat: diktator proletariat sebagai kediktatoran “fasis”, partai pelopor sebagai bentuk organisasi yang elitis dan menuju ke Stalinisme, dan seterusnya. Terlalu jarang Lenin ditelaah sebagai manusia yang berjuang selama bertahun-tahun dengan banyak kekalahan, yang sering keliru dan berubah sikap. Meninggal tahun 1924.
Karl Kautsky
Dilahirkan di Prague 16 oktober 1850 menjadi aktifis sosial di universitas Vienna 1880 kemudian pindah ke Zurich lalu bertemu penulis Marxist Eduard Berstein kemudian menetap di London dan mempunyai hubungan dekat dengan Frederick Engles lalu mendirikan Jurnal Marxist Neue Zeit 1883, terbit di Zurich, London, Berlin dan Vienna, setelah itu bergabung dengan Partai Sosial-Demokrat dan bertanggung jawab menjalankan perkembangan daripada bentuk Marxist. Dia dijuluki Paus Marxisme. Pada april 1917 membentuk sayap kiri PSD beranggotakan Kautsky, Kurt Eisner, Eduard Bernstein, Julius Leber, Rudolf Breitscheild and Rudolf Hilferding dan terus menentang kerasnya revolusi, dia kembali ke PSD setelah perang dunia kemudian pindah ke Vienna dan terus menulis lalu terpaksa melarikan diri setelah tentara jerman menguasai austria 1936 kemudian meninggal 17 oktober 1938.
Joseph Stalin
Stalin lahir pada tanggal 21 Desember 1879 di Georgia dalam sebuah keluarga miskin. Ia kemudian masuk ke sebuah seminari teologi dan bergabung dengan gerakan bawah tanah beraliran Marxis. Pada tahun 1901, Stalin bergabung dengan Partai Buruh Sosial Demokratik Rusia dan karirnya meningkat setelah bertemu dengan Lenin, pemimpin revolusi komunis di Rusia. Pada tahun 1922, ia diangkat menjadi Sekjen Partai Komunis dan enam tahun kemudian, yaitu tahun 1928, Stalin menerapkan program industrialisasi lima tahunan yang diberi nama “revolusi dari atas” untuk mengejar ketertinggalan Soviet di bidang industri. Dalam program ini, pemerintah mengambil alih kontrol di bidang ekonomi, menasionalisasi industri dan perdagangan, serta memaksa 25 juta petani untuk menyerahkan tanah milik mereka. Para petani itu dipaksa untuk bekerja pada ladang pertanian milik pemerintah dan demi mengejar kuota produksi, mereka harus menanggung kelaparan. Hingga tahun 1937, revolusi paksaan ini menghasilkan kematian 14,5 juta petani di Soviet peasants. Pada tahun 1929, setelah kematian Lenin, ia mengangkat dirinya sebagai Perdana Menteri Rusia tanggal 6 Mei tahun 1941.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar