Senin, 25 Juni 2012

Tips Sukses SNMPTN Jalur Tulis 2012

Tanggal : 12-06-2012 08:31, dibaca 15 kali.

PELAKSANAAN ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 tinggal menghitung hari. Dua hari lagi, tepatnya pada 12 dan 13 Juni 2012, kamu akan bersaing bersama ratusan ribu pelajar dari seluruh Nusantara untuk mendapatkan kursi di PTN favorit.

Nah, sejauh apa persiapanmu untuk mengikuti SNMPTN? Berikut beberapa tips untuk membantu mempersiapkan diri jelang SNMPTN.

Latihan soal
Semua buku-buku latihan soal, try out dari bimbingan belajar, maupun soal-soal dari senior pasti sudah kamu lalap habis sejak Ujian Nasional (UN) berakhir. Saat ini lakukan review untuk semua materi yang sudah kamu pelajari dan fokuskan pada materi yang sulit kamu kuasai.

Cek lokasi ujian
Melakukan survei lokasi ujian jauh-jauh hari memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menghindari kamu tersesat ketika hari H. Selain itu, survei lokasi membantu mengukur jarak dari rumah ke lokasi ujian serta menemukan jalur alternatif untuk menghindari kemacetan.

Isi biodata dengan teliti
Tidak perlu terburu-buru saat mengisi biodata diri pada ujian tulis SNMPTN. Pastikan kamu mengisinya dengan benar sesuai dengan identitas diri karena kesalahan pengisian data diri dapat berakibat fatal.

Hati-hati dalam menjawab soal-soal SNMPTN
Selama mengikuti try out kamu sudah mendapat gambaran jelas soal-soal SNMPTN sesuangguhnya, termasuk bobot sebuah jawaban. Jika benar-benar tidak bisa menjawab, jangan diisi jawabannya sebab tiap jawaban salah bernilai -1, nilai empat untuk tiap jawaban benar, sementara jika tetap dibiarkan kosong akan bernilai 0.

Refreshing
Mengistirahatkan otak dari berbagai materi SNMPTN perlu untuk dilakukan. Sebab, jika terus memaksakan diri kemungkinan otak akan berlebihan muatan sehingga bukan tidak mungkin kamu justru lupa semua materi yang telah dipelajari. Jalan-jalan santai, berkumpul bersama teman-teman, atau sekadar maraton menonton film favorit bisa menjadi obat ampuh untuk istirahat sejenak sebelum bertempur.

Doa
Doa menjadi penyempurna semua usahamu. Berdoalah sebelum dan sesudah tes serta memohon restu orangtua ketika akan mengikuti SNMPTN.

Semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar